Contoh Model Gaun Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

Gaun Pengantin Adat– Sungguh indah menjadi pengantin. Duduk di pelaminan dengan pasangan yang akan menjadi suami/istri kita, sungguh sesuatu yang membahagiakan. Setelah atau sebelum pesta perkawinan di langsungkan biasanya diadakan acara resepsi perkawinan. Teman-teman di undang, doa-doa disampaikan, juga amplop-amplop, dan sepasang mempelai dengan baju pengantinnya sibuk menyalami hadirin.

Setelah sebelumnya diposting Koleksi Lengkap Model, Warna, dan Ukuran Baju Pengantin Muslimah, berikut ini giliran saya tampilkan beberapa model baju pengantin khas padang atau gaun pengantin minang.  Mari kita simak dengan cermat.

Contoh Model Gaun Pengantin Adat Minang Modern Terbaru

baju nikah adat padang

Baju Pengantin adat minang modern – Anda sebagai orang minang tentu tahu bagaimana pentingnya sebuah pernikahan bagi orang Minangkabau. Tapi jika anda bukan orang minang, ini yang penting anda ketahui. Bahwa dalam kebudayaan pernikahan di Minangkabau perkawinan merupakan bagian penting dari kebudayaan di sana. Bukan hanya baju pengantin, tetapi juga rumah, termasuk juga perlengkapan yang berkaitan dengan pernikahan. Gaun pernikahan padang sebenarnya bisa dikatakan rumit, tapi semuanya dapat dengan mudah diatasi mengingat sekarang banyak wedding organizer yang siap untuk membantu anda.

baju adat padang baju nikah minang baju pernikahan minangbaju pengantin padang   busana pengantin perempuan minang
busana pengantin padang

Baju Pengantin Adat Minangkabau

gaun pengantin adat minang - Jika anda melihat gambar model baju pengantin khas minang di atas, maka anda akan melihat betapa mirip modelnya dengan model kebaya pengantin muslimah. Ya, anda tahu bahwa tata cara pernikahan yang ada di Padang atau Minangkabau juga tidak terlepas dari tradisi Islam.
Kalau anda cermati maka anda akan melihat di antara gambar-gambar tersebut ada yang Tikiluak Tanduak atau semacam tanduk sebagaimana model rumah adat khas minang. Sebenarnya tikiluak tanduak ada beberapa bentuk, seperti di antaranya tikuluak tanduak batipua, tanduak lilik (khas payakumbuh), ada juga Tanduak Balenggek dari Sungayang, dan Tanduang dari Lintau Buo dan lain sebagainya.

baju pernikahan adat minang kabau gambar baju adat minangkabau gambar baju penganin minang   gaun pengantin adat minangrias pengantin minang

Gaun Pengantin Berjilbab - Gambar-gambar di atas menampilkan model pakaian adat pengantin minang modern. Lihat pernak-perniknya, luar biasa banyak. dengan kemilau perak di baju dan mahkota (suntiang) pasangan wanita pengantin minang tampak cantik jelita.

baju pengantin minang adat lintau

Untuk mengingat sejarah, anda tahu, bahwa dulu berat suntiang atau mahkota yang dikenakan pengantin wanita, sangat berat karena yang dipakai bukan perak atau kunginan seperti sekarang melainkan alumunium dan besi, ada pula yang emas. Itu semua, dulu, mesti ditubleskan satu-satu pada rambut pengantin wanita.  Bagaimana dengan sekarang? Sepertinya suntiang sudah dirancang lebih ramah kepala, tidak membuat pusing kepala karena saking beratnya.
Yuk kita lihat-lihat lagi model baju pengantin khas padang berikut:
model baju nikah padangpernikahan adat minang  rias pengantin padang

Model baju pengantin minang terbaru untuk pengantin sebenarnya cuma dua jenis saja. Yaitu baju kurung basiba dan baju kurung melayu (kebaya panjang). Baju melayu umumnya biasa dipakai di sekitar daerah pesisir barat, pariaman, dan parang. Sementara untuk warna baju pengantin khas minang, tidak ada aturan khusus. Tapi biasanya baju penganti khas minang khas dengan warna-warna emas, merah dan hitam.

Baca juga: Perawatan Rambut Spesial bagi Calon Pengantin. Demikian koleksi gambar dan beberapa catatan tentang baju pengantin adat minang. Semoga bermanfaat. Semoga pesta perkawinan anda lancar, menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah. amiin