Jenis-jenis dan Model Jilbab dari Berbagai Penjuru Dunia

Jenis Jilbab - Di dalam Islam istilah jilbab bukan merupakan sesuatu yang asing lagi, meskipun beberapa muslim di dunia tidak mengenal istilah itu, tetapi lebih mengenak istilah yang lain yang punya arti sama, seperti hijab atau bahkan langsung menyebut nama model-modelnya.

Pakaian selalu erat kaitannya dengan budaya, dan karenanya masing-masing wilayah memiliki model pakaian yang berbeda-beda. Sama-sama jilbab tapi karena diwilayah yang berbeda sehingga modelnya dan juga namanya menjadi berbeda. 

Nah, Muslimah Cantik kali ini akan share berkaitan dengan jenis-jenis jilbab yang ada di seluruh dunia. Tulisan ini menggunakan referensi en.Wikipedia dengan tambahan beberapa sumber yang dapat dipercaya. 

Jenis Model Jilbab yang terkenal di seluruh dunia

berikut adalah beberapa model dan jenis jilbab dari seluruh penjuru dunia. 

Jilbab Model Bushiyya

Apa itu Bushiyya? Nama lain dari bushiyya adalah boshiya atau kadang disebut juga dengan ghatwa. Gaya jilbab model ini menutupi wajah si pemakai sepenuhnya tanpa bukaan untuk mata dan secara tradisional biasanya dipakai dengan abaya atau pakaian luar yang lain.

Biasanya bushiyyah berupa sebuah persegi besar tipis, berasal dari bahan kapas dengan ikatan di bagian atas dan dikenakan dari atas dahi, baik di bawah atau di atas pemakai jilbab. Untuk memudahkan imajinasi anda berikut foto orang mengenakan busyiyya

Jilbab model Bushiyya
Abaya

Nama lain dari Abaya adalah jubah. Ini semacam baju kurung dengan jilbab yang besar menutupi hampir seluruh tubuh muslimah. Abaya yang tradisional biasanya berwarna hitam dan dapat berupa persegi besar kain disampirkan dari bahu atau kepala. Pakaian model abaya biasanya dilengkapi juga dengan cadar, juga kaus kaki dan sarung tangan.

Abaya merupakan pakaian muslim tradisonal yang berasal dari wilayah Najd di Timur Tengah sana. Meski begitu, di indonesia dan beberapa wilayah asia juga banyak ditemukan orang mengenakan pakaian model abaya.

Berikut foto orang mengenakan abaya, agar semakin jelas anda bagi anda:
gambar abaya modern
gambar abaya modern

abaya tradisonal
abaya tradisonal

Al-amira

Al-amira adalah sebuah model jilbab dengan sebuah kain yang terdiri dari dua potong yang biasanya terbuat dari katun atau polyester, dan tabung- syal juga menyertainya model jilbab ini.

gambar jilbab model al-amira


Batula

Batula biasa dipakai oleh Wanita di daerah Uni Emirat Arab, Oman, Qatar dan Arab bagian Selatan Iran. Tradisi memakai Batula ini memang dinyatakan sulit ditemukan untuk saat-saat sekarang. Biasanya model baju atau jilbab batula dikenakan oleh orang yang sudah tua (usia di atas 50) dan mereka tinggal di daerah pedesaan.

Ini model jilbab batula
model jilbab batula


Burqa

Burqa sendiri berarti tirai dan kerudung. Burqa kadang-kadang disebut juga dengan istilah chadri, dan di Asia Tengah dikenal dengan paranja. Ini model pakaian yang memang tidak begitu mirip dengan abaya tapi lumayan miriplah. Model jilbab ini menutupi tubuh muslimah seluruhnya.

Model burqa di dunia ini biasanya berupa sepotong kain persegi panjang semi-transparan dengan tepi atas yang melekat pada sebagian dari jilbab sehingga jilbab menggantung ke bawah menutupi wajah dan dapat terlihat jika wanita ingin memperlihatkan wajahnya.

Berikut salah satu gambar burqa yang dapat anda lihat:
gambar jilbab jenis burqa

Chador

Chador adalah baju tradisional yang berasal dari Iran dan Turki. Model baju muslimah ini menutupi kepala dan tubuh dan setengah lingkaran dengan kain full-length, tapi turun ke tanah.

Baya berkaian chador banyak dipakai oleh wanita Iran di daerah pedesaan, khususnya dengan wanita yang lebih tua. Jilbab model chador ini tidak membedakan apakah mereka sunni atau syiah. Jadi ini terkait dengan tradisi bukan teologi.
jilbab khas iranjenis jilbab chador


foto jilbab iran

Itu tadi baru beberapa Jenis Model jilbab dari berbagai penjuru dunia. Sebenarnya masih ada lagi beberapa model jilbab yang lain. Seperti misalnya model jilbab Duppata, Kebaya, Mukena, dan berabagai yang lain. Insya ALlah artikel ini akan saya lanjutkan kapan-kapan. 

Jangan lupa, baca juga: Model dan Harga Baju Renang Muslimah Dewasa dan Anak, juga tentang Model Jilbab Modern yang Cocok untuk Semua Keperluan. Demikian. Semoga bermanfaat.