Tips Memilih Jilbab atau Kerudung

Tips Memilih Jilbab - Jilbab yang syar’i, kalimat tersebut begitu sering kita dengar dalam berbagai kesempatan, ataupun juga kita baca di berbagai media cetak. Anda, memang sudah sepatutnya untuk mengetahui tentang ciri-ciri jilbab yang syar’i sebelum anda membeli jilbab.

Memang sangat-sangat menggembirakan ketika melihat para wanita Islam mulai berbondong-bondong mengenakan jilbab. Jilbab yang dipahami masyarakat kita adalah jilbab sebagai kerudung, bukan dari makna aslinya, yakni baju luar yang dipakai untuk menutupi tubuh dari atas (kepala) sampai bawah (kaki), kemudian dikenal dengan nama hijab, karena dipakai dengan maksud untuk menghindari dari pandangan laki-laki yang bukan mahram (tidak mempunyai hubungan darah/kekerabatan).
tips memilih jilbab

Semakin banyaknya muslimah cantik yang memakai jilbab dewasa ini, nampaknya tidak disia-siakan oleh dunia mode, sehingga terciptalah banyak model/kreasi jilbab yang ada di tengah-tengah masyarakat kita. Dan Pada dasarnya, model seperti apa pun jilbab yang dikenakan seorang muslimah, harus tetap mengacu pada standarisasi jilbab yang dimaksud dalam ajaran Islam, di mana fungsi sebenarnya adalah pakaian takwa atau hijab.

Adapun syarat hijab seorang muslimah, sebagaimana ditulis oleh Rifatul Riva’i adalah sebagai berikut:
  • Menutup seluruh badan selain yang dikecualikan, seperti muka dan telapak tangan.
  • Tidak ada hiasan pada pakaian itu sendiri.Kain yang tebal dan tidak tembus pandang.
  • Lapang dan tidak sempit. Karena pakaian yang sempit dapat memperlihatkan bentuk tubuh seluruhnya atau sebagian.
  • Tidak menyerupai laki-laki.
  • Tidak menyerupai pakaian orang kafir.
  • Pakaian yang tidak mencolok.
Dengan ciri-ciri di atas anda dapat menyimpulkan sendiri bahwa jilbab itu syar'i atau tidak dengan mengacu pada tujuh syarat tersebut.

Yang menarik perhatian dan perlu dicermati adalah model jilbab yang sepertinya syar'i (sesuai aturan Islam) tapi ternyata tidak syar'i. Penulis mengambil contoh salah satu model jilbab lebar (biasanya menjuntai sampai pusar atau menutupi dada) yang ada kerutan dan neci pada leher. Kalau ditarik ke belakang, samping, atau depan (sesuai modelnya), leher akan terlihat lebih ramping tapi tidak mencekik. Dan biasanya, model jilbab ini berbahan kain "jatuh" atau lembek. Kalau kita perhatikan lebih teliti, model seperti ini akan menampakkan lekuk pada pundak dan dada.

Salah satu contoh lainnya, yakni pada jilbab yang ada kerutan di kepala, melingkar dari telinga kanan ke telinga kiri. Kalau yang memakai jilbab model seperti ini menyanggul rambutnya, maka rambut akan terlihat bentuknya, karena posisi kerutan tepat di bawah sanggulan rambut.

Padahal dalam konteks menutup aurat, di sini tidak hanya menjadikannya tidak kelihatan secara fisik, tapi juga secara bentuk (lekuk).

Jadi, sudah seharusnya para kaum muslimah lebih hati-hati dalam memilih model jilbab, karena yang disyari'atkan bukan hanya lebar menutup dada, tapi juga harus tebal (tidak transparan), tidak menarik perhatian, dan tidak menampakkan lekuk tubuh.

Begitulah, ternyata kita bisa tampil cantik mudah dan murah dan sesuai syariat. - Tips Memilih Jilbab atau Kerudung