Khasiat Kopi dan Cara Membuat Kopi dengan Mesin Sederhana

Khasiat Kopi - Anda suka kopi? Saya suka. Saya biasa ngopi pada pagi hari, juga malam sebelum tidur. Ngopi malam tidak terkenal ketimbang Morning coffe dan coffe break yang merupakan istilah yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari hari. Meskipun kebiasaan minum kopi di Indonesia telah dimulai sejak zaman penjajahan tetapi sampai saat ini konsumsi kopi per orang di indonesia sangat rendah dibandingkan dengan negara negara asia lainnya singapura dan filipina. orang eropa merupakan peminum kopi terbanyak di dunia. oleh sebab itu negara negara eropa merupakan negara tujuan utama ekspor kopi Indonesia saat ini.

Kebiasaan minum kopi di indonesia umumnya dilakukan di pagi dan sore hari minum kopi setelah makan seperti yang banyak dilakukan oleh masyarakat adat merupakan kebudayaan dalam kehidupan masyarakat kita. Kebanyakan orang menganggap minum kopi dapat menghilangkan kantuk. hal ini disebabkan oleh salah satu kandungan kopi yaitu kafein yang bekerja di pusat saraf dan meningkatkan laju metabolisme selain menghilangkan kantuk kopi juga dapat membantu memusatkan perhatian.

Akan tetapi anda tidak perlu begitu khawatir tentang kafein, sebab kafein juga terdapat dalam minuman lain seperti cola dan teh. Tahukah anda bahwa kandungan kafein dalam teh lebih besar dibandingkan kopi jumlah kafein dalam 1 cangkir kopi instan sekitar 60 mg dan dalam kopi tubruk yang disaring sekitar 80 mg.

Pengaruh kafein terhadap seseorang sangat tergantung pada tingkatan seksitivitasnya. Beberapa orang tidak tahan sama sekali mengantuk mengkonsumsi kafein sehingga setelah minum kopi jantung menjadi berdebar-debar. Akan tetapi, ada juga orang yang dapat mengonsumsi lebih dari 10 cangkir kpi sehari tanpa keluhan. Di Indonesia, konsumsi kopi umumnya berkisar antara 1-3 cangkir sehari.

Beberapa studi ilmiah mengenai pengaruh kafein terhadap kesehatan dan fisiologi memakai batasan 2150-600 mg sebagai angka rata-rata konsumsi kafein perhari.

Kopi Instan dan Cara Pembuatannya

Bagaimana cara membuat kopi instan? Kopi instan dibuat dari kopi bubuk yang diseduh dengan air panas kemudian disaring. Ampas dari proses ini dibuang aau digunakan untuk preses pembakaran. Air kopi yang dihasilkan dipekatkan dengan suhu tinggi untuk menguapkan bagian airnya sehingga diperoleh larutan kental sari kopi. Laruan sari kopi inilah yang selanjutnya disemprot dengan tekanan tinggi dan dikeringkan dengan udara panas. Bubuk kopi instan yang dihasilkan selanjutnya dikemas dengan botol atau sachet.

Nescafe diproduksi dari 100%kopi murni yang kualitasnya dijamin oleh Nesle. Sebagaimana halnya dengan kopi bubuk, kopi instan pun dapat dibuat dari campuran kopi dengan serealia lainnya.

Dengan berkembangnya teknologi pengolahan pangan, cara menikmati kopi pun berkembang. Nesle mengikuti perkembangan tersebut dengan menemukan mesin Nespresso yang dapat menyuuhkan secangkir kopi yang sangat sempurna. Dengan teknologi ini, mutu dan cita rasa kopi yang sangat sempurna dapat disuhuhkan kepada konsumen. Sayangnya mesin dan produk kopi ini belum dapat dibuat di Indonesia.

Khasiat dan Keajaiban Minum Kopi 

Minum kopi memiliki beberapa manfaat yang hebat. Tidak hanya untuk kaum lelaki, bagi kaum perempuan kopi juga banyak manfaatnya, meski kenyataannya lebih banyak pria yang minum kopi ketimbang perempuan. Apa saja manfaat minum kopi bagi perempuan. Ini dia:

Manfaat Minum Kopi dapat Menghindari stress

Ini berdasarkan pada penelitian ilmiah. Diketahui bahwa wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari dapat terkurangi resiko bunuh diri. Kenapa? Diyakini bahwa aromalah yang berperan dalam mengurangi stress. Sebab aroma kopi dapat memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Meski begitu, tidak boleh banyak-banyak karena dapat mengganggu kesehatan anda.

Kopi Dapat Mencegah Depresi Pada Wanita

Ini Juga berdasarkan penelitian. Diketahui bahwa hubungan antara depresi dengan minum kopi saling terkati. Kopi dapat ampuh membantu meminimalisir depresi pada seorang wanita. Ini hasil penelitian lho. Sama-sama mengandung kafein, tapi kafein yang terdapat pada soda, tidak ada hubungannya dengan penurunan depresi. Nah, lho. Kopi itu ajaibkan.
Kopi Dapat membantu program diet 

Ya, kopi dapat membantu anda menurunkan berat badan. Dengan minum kopi, maka nafsu makan juga menurun. Minum kopi juga dapat menghilangkan/mengurangi cairan di dalam tubuh. Untuk diet dengan kopi anda mesti konsultasi dengan dokter ya, jangan asal-asalan.

Kopi dan Kesehatan Hati

Hati di sini adalah hati fisik. Hati yang ada di dalam tubuh, bukan hati yang berarti perasaan. Ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwa ternyata kafein bisa membatu kesehatan hati. Anda mau percaya atau tidak, silakan.
Kopi dapat menurunkan risiko diabetes.

Risiko diabetes disini adalah diabetes tipe II. Diketahui, minum kopi dengan porsi yang sesuai setiap hari dapat membantu menurunkan 25 persen resiko terkena diabetes tipe II. Sebab, kandungan kromium dan magnesium dalam kopilah yang berperan. Tapi ingat, jangan manis-manis, ingat jumlah gula yang digunakan dalam kopi anda.

Khasiat Kopi untuk Menangkal kanker kulit

Khasiat Kopi yang lain adalah dapat mencegah kanker kulit. Kopi dipercaya bisa membantu melawan penyakit yang berbajaya seperti kanker. Asalkan kopinya dikonsumsi dalam kadar yang tepat, tidak berlebihan. Perempuan yang minum dua cangkir sehari kemungkinan aman dari kanker kulit. 
Itu tadi beberapa khasiat kopi bagi kesehatan perempuan. Nah, bagi anda yang alergi dengan kafein, anda dapat meneruskan membaca. Karena, anda tahu, ada kopi tanpa kafein.

Kopi Tanpa Kafein

Apakah setiap kopi mengandung kafein? Belum tentu. Adanya beberapa konsumen yang sensitif terhadap pengaruh kafein tetapi ingin menimati kopi dengan segala kenikmatannya mendorong produsen Nescafe untuk memproduksi kopi tanpa kafein atau kopi non kafein yang dikenal dengan nama decaffeinated.

Bagaimana membuat kopi tanpa kafein? Proses pembuatan kopi tanpa kafein dilakukan dengan merendam biji kopi dalam cairan yang mengandung penyerap kafein. Dengan cara ini kadar kafein dapat terserap hampir 99%. Biji kopi tanpa kafein tersebut selanjutnya diproses seperti biasa dan menghasilkan minumankopi yang tidak kalah istimewa.

Dengan demikian para pembaca tidak usah khawatir untuk minum kopi dan silakan memilih jenis kopi yang anda kehendaki. Kalau saya sendiri suka dengan kopi bubuk, kapal api saya suka. Nescafe juga suka. Tapi saya lebih suka kopi yang murni buatan pabrik sendiri, yang tidak dicampur dengan tepung misalnya. Saya kerja malam, sehingga kopi cukup membantu saya untuk tanah dari kantuk. Anda bagaimana?

Mesin Pembuat Kopi 

Anda ingin membuka coffe shop atau warung kopi. Atau ingin membuat sendiri kopi yang seperti dijual di caffe-caffe, yang harganya ada yang mencapai Rp. 500.000,- percangkir. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat kopi yang enak. Tentang ini, beserta gambar-gambarnya sumbernya dari kaskus.co.id, tentu dengan beberapa perubahan.

French Press Coffee Maker
mesin kopi French Press Coffee Maker
Ini metode yang banyak ditemukan di warung-warung atau coffe shop. Cara membuat kopi dengan French Press mempunyai nama lain Plunger atau Cafetiere. Cara French Press adalah dengan mengekstrak paling banyak cita rasa yang terdapat di dalam kopi bubuk. Cara ini adalah cara kedua yang paling populer. Untuk membuatnya, anda membutuhkan sebuah alat yang canggih yang bisa anda peroleh di toko-toko. Harganya pun terjangkau.

Bagaimana Cara Membuat kopi dengan French Press Coffee Maker

Mula-mula anda punya alatnya. Lalu pastikan French Press Coffee Maker dalam keadaan bersih. Setelah itu.

1. Tuangkan kopi secukupnya kedalam French Press
2. Lalu masak air hingga mendidih
3. Diamkan air selama 1 menit
4. Kemudian tuang air mendidih tersebut kedalam French Press Coffee Maker
5. Tuangkan juga air dari teko dengan posisi yang agak tinggi, ini akan menghasilkan gelembung air yang membuat aroma kopi menjadi lebih maksimal
6. Selanjutnya aduk kopi selama 30 detik – 1 menit.
7. Waktu selama ini akan membuat aroma dan rasa kopi buatan anda menjadi lebih menyatu dan lebih nikmat
8. Tekan kopi yang telah diaduk menggunakan tutup French Press pelan-pelan
9. Tuangkan ke dalam cangkir secara perlahan dari posisi mendekati cangkir hingga dinaikkan sampai agak tinggi
10. Sudah. Anda bisa menikmati kopi ini tanpa gula. Enak!

Kopi turki dan Cara Pembuatannya

mesin membuat kopi turki
Cara membuat kopi turki juga kadang disebut Arab Method, atau cara Arab. Ini tidak aneh, sebab mungkin karena asal mula pembuatan kopi ini dari arab. Kopi yang dihasilkan juga mempunyai rasa yang sangat kuat dan pekat.

Bagaimana Cara membuat Kopi Turki / Arab
1. Mula-mula anda giling kopi secara manual menggunakan lesung dan alu, atau menggunakan mesin penggiling kopi
2. Setelah itu, kopi ditaruh di sebuah bejana yang disebut ibrik bersama gula dan air.
3. Campuran ini dididihkan tiga kali dan dituang ke dalam cangkir
4. Nikmati kopi anda
Mesin, Alat, dan Cara Membuat Kopi Tetes
mesin pembuat kopi tetes
Kopi tetes sudah cukup terkenal. Cara membuatnya adalah dengan filter atau disebut juga Filter Method. Cara ini cukup populer karena kesederhanaan dan efisiensinya.
Bagaimana Cara pembuatannya?
1. Air dituang ke kopi bubuk yang diletakkan di atas kertas saring ke bejana kopi
2. Untuk menyeduhnya, caranya cukup panaskan bejana kopi itu
3. Kopi siap diminum atau disajikan.

Cara dan Mesin untuk Membuat Kopi Ekspresso mesin pembuat kopi ekspresso
Tentu anda pernah dengar kopi ini. Mesin ekpresso adalah mesin kopi yang serba otomatis. Meskipun dak bisa dipungkiri penentu rasa tetap saja ditentukan oleh orang yang membuatnya. Anda juga bisa kok.

Masih ada lagi kopi-kopi lezat yang dibuat dengan mesin kopi yang canggih. Berikut ini gambar-gambar lain mesin kopi. 

mesin kopi sederhanaalat pembuat kopi mesin pembuat kopi kafe





mesin pembuat kopi murahpembuat kopi ekspresso murahmesin kopi untuk coffe shop
mesin kopi baru


Demikian Artikel tentang Khasiat Kopi dan Cara Membuat Kopi dengan Mesin Sederhana. Untuk tulisan ini saya menggunakan refernsi buku karya Made astawan dengan judul Sehat Bersama Aneka Serta Alami. Untuk khasiat kopi saya ampilkan dari beberapa sumber di Internet. dan untuk gambar-gambar mesin kopi dan cara membuat kopi yang enak itu dari kaskus. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jangan lupa baca artikel lainnya. Alhamdulillah. Sruput kopinya yuk!