Inspirasi Model Baju Pengantin Jawa untuk Pasangan Muslim

Baju pegantin Jawa memang berbeda dengan pengantin lainnya. Perbedaan tersebut bisa dari banyak hal, seperti upacara adat yang berlangsung, pakaian adatnya, sampai hidangan yang disajikan bagi para tamu. Tetapi jaman modern seperti sekarang, banyak kita temukan orang jawa yang kehilangan kejawaannya. Orang jawa yang kearab-araban, atau orang jawa yang keamerika-inggris bin bule-bulean. Nah, mereka itulah yang kadang tidak tertarik lagi dengan adat istiadat jawa, termasuk ketika melakukan ritual perkawinan.

Bagi anda yang masih ingin menghidupkan tradisi jawa, tetapi juga ingin tetap mempertahankan syariat islam, itu baik-baik saja. Khusunya dalam soal perkawinan, kita bisa memadukan adat jawa dengan tetap bergepang pada ajaran-ajaran islam. Hal-hal yang berbau syirik kita buang, dan hal-hal yang lain yang bertentangan, seperti mengumbar aurat juga kita hilangkan. Khusus soal aurat, tentu berhubungan dengan model baju pengantin jawa.

Inspirasi Model Baju Pengantin Jawa untuk Pasangan Muslim


Berikut ini kami akan hadirkan beberapa mdoel baju pengantin jawa yang mungkin anda sukai.
model baju pengantin adat jawa

Foto baju pengantin muslim adat jawa

baju pengantin jawa muslim

baju pengantin jawa modern

Budaya jawa kaya dengan simbol-simbol. Dalam upacara perkawinan, ada acara pasang tratag dan tarub yang digunakan sebagai tanda resmi bahwa akan ada hajatan mantu dirumah yang bersangkutan. Tarub dibuat menjelang acara inti. Adapun ciri khas tarub adalah dominasi hiasan daun kelapa muda (janur), hiasan warna-warni, dan kadang disertai dengan ubarampe berupa nasi uduk (nasi gurih), nasi asahan, nasi golong, kolak ketan dan apem. Semua itu sebenarnya ada makna atau artinya sendiri. Janur, misalnya, mengartikan harapannya agar pengantin memperoleh nur atau cahaya terang dari Yang Maha Kuasa. Makna atau simbol yang lain tetapi tidak akan kita bahas di sini.

Model Baju Pengantin Adat Jawa

Begitu pula dengan baju pengantin adat jawa, ada keris, blangkon, dan lain sebagainya, punya maknanya masing-masing. Mari kita saksikan beberapa model baju pengantin adat muslimah jawa yang lain:

baju nikah muslim jawagaun nikah muslimah


baju pengantin adat keratoninspirasi baju pengantin

Anda tahu, dalam perkawinan adat jawa, Sungkeman yang menjadi ungkapan bakti kepada orang tua, serta mohon doa restu. Apakah ini bertentangan dengan Islam? Lihatlah prosesi sungkem berikut: dimulai dengan berjongkok dengan sikap seperti orang menyembah, menyentuh lutut orang tua pengantin perempuan, mulai dari pengantin putri diikuti pengantin putra, baru kemudian kepada bapak dan ibu pengantin putra. Ini merupakan simbol penghormatan kepada suami, kepada kedua orang tua, yang dalam ajaran Islam tentu sangat dianjurkan.
busana pengantin muslim

Kenapa itu saya tulis. Karena kalau hanya sekadar ingin melihat koleksi baju pengantin adat jawa, tidak akan membuat anda pintar. Penting pula kita mengetahui sejarah, juga dasar adat-istiadat dan tradisi bukan? Mari lihat-lihat lagi model baju pengantin modern berikut

contoh baju pengantin jawa muslim

  
model baju pengantin muslimahmodel baju pengantin muslimah terbaru

kata kunci:
baju pengantin muslimah jawa syar'i
baju pengantin muslimah adat jawa
baju pengantin muslim adat jawa
busana pengantin muslim adat jawa
baju pengantin muslim jawa modern
baju pengantin muslim jawa barat
baju pengantin muslim jawa tengah
kebaya pengantin muslim jawa
pakaian pengantin muslim jawa
busana pengantin muslim jawa tengah
pakaian pengantin jawa muslim
baju pengantin muslim adat jawa tengah
baju pernikahan jawa muslim
gaun pengantin muslimah adat jawa
pakaian pengantin muslim adat jawa
baju pengantin dodot jawa muslim
baju pengantin jawa tengah muslimah
baju pernikahan muslim adat jawa
foto baju pengantin muslim adat jawa
model kebaya pengantin muslim adat jawa
busana pengantin muslimah adat jawa
model baju pengantin muslim jawa
baju pengantin jawa solo muslim

Jika postingan model baju pengantin jawa muslim ini kurang lengkap, anda bisa melihat yang lain: Koleksi Lengkap Model, Warna, dan Ukuran Baju Pengantin Muslimah dan penting juga anda membaca Tips Mudah dan Rahasia Memilih Warna Baju Pengantin. Demikian. Semoga bermanfaat.